Sirup dan Manisan Jambu Air Khas Mangunan

 

 

 

 

 

JEPARA – Selain memiliki banyak industri mebel dan ukir, Desa Mangunan di Jepara juga memiliki banyak pohon jambu air. Pohon jambu air ini menghiasi hampir setiap rumah yang ada di Mangunan. Melihat potensi ini, Tim II KKN Undip Desa Mangunan mencoba memanfaatkannya menjadi produk kekinian yang bernilai jual, yaitu sirup dan manisan. Dua produk tersebut diperkenalkan pertama kali ke warga pada pertemuan rutin PKK  Desa Mangunan, Selasa (6/8). Pada pertemuan di balai desa itu, Tim II KKN mempraktikkan cara pembuatan sirup dan manisan jambu air secara langsung di hadapan para ibu anggota PKK.

Yang pertama adalah pembuatan manisan jambu air. Bahan yang dibutuhkan adalah jambu air yang sudah direndam dengan air kapur sirih, gula, garam, kayu manis, cengkeh, air, dan pewarna. Bahan-bahan selain jambu dicampur dan direbus sampai mendidih, lalu didiamkan hingga dingin. Setelah itu barulah jambu air dimasukkan, dan jadilah manisan jambu. Manisan jambu ini diberi nama MANJUR, yang merupakan singkatan dari Manisan Jambu Air.

Selanjutnya adalah pembuatan sirup jambu air. Bahan yang dibutuhkan adalah jambu air yang sudah diblender dan disaring, gula, sitrat, pandan, air, dan pewarna. Cara pembuatannya hampir sama seperti manisan, yaitu dengan mencampur semua bahan menjadi satu dan direbus hingga mendidih. Untuk cara mengkonsumsinya, bisa ditambah dengan air lagi atau diminum langsung.

Pembuatan produk olahan jambu air ini sebelumnya tidak pernah terpikir oleh warga Desa Mangunan. Karena jika dimakan langsung jambu air ini rasanya asam. Tetapi setelah mendapat pelatihan dari Tim II KKN, mereka tampak antusias untuk mengembangkan produk khas Mangunan ini.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan